Sabtu, 04 April 2020

OPERASI MICROSOFT EXCEL

Microsoft excel adalah sebuah fitur yang menyediakan beragam fungsi dan kegunaan, salah satu diantaranya adalah berfungsi sebagai media operasi hitungan.  Tentu tidak asing bagi kita microsoft excel adalah layanan untuk menghitung data-data berupa angka. Pada kesempatan ini saya akan menulis sebuah artikel tentang "OPERASI MATEMATIKA MICROSOFT EXCEL" karna menurut saya pemahaman tentang microsoft excel sangat penting sekali, apalagi dalam dunia pekerjaan. 


Excel
OPERASI MATEMATIKA MICROSOFT EXCEL"

Cara 1 : Operasi Penjumlahan
Dalam penggunaan rumus penjumlahan dengan Excel terdapat dua pilihan, pertama menggunakan operator plus (+) dan yang kedua menggunakan Fungsi SUM.

Contoh:
Pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 50, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2+B2 kemudian tekan Enter, maka hasilnya adalah 150. Cara lain yaitu dengan menggunakan formula/rumus pada cell C2 =SUM(A2:B2) kemudian tekan Enter, maka hasilnya akan sama yaitu 150.



Manakah yang lebih baik, formula SUM atau operator plus (+)? Kedua-duanya sama-sama baik, bagi yang baru belajar menggunakan Excel penggunaan operator plus (+) tentu
akan mudah diingat. Tapi kelemahannya jika jumlah data yang harus dijumlahkan ada banyak misal menjumlahkan data dari A1 s.d A1000 maka rumus yang harus ditulis adalah seperti ini A1+A2+A3... sampai +A1000, tentu hal ini akan sangat banyak menyita waktu dan kurang efektif karena rumus akan menjadi sangat panjang. Berbeda dengan penggunaan formula SUM, untuk menjumlahkan data dari A1 s.d A1000 cukup dengan menuliskan rumus =SUM (A1:A1000) lebih simpel rumusnya dan tentunya akan menghemat waktu.

Cara 2 : Operasi Pengurangan
rumus pengurangan di Microsoft Excel, tidak ada fungsi atau formula khusus yang bisa digunakan untuk melakukan operasi pengurangan, mungkin karena dalam pengurangan biasanya tidak melibatkan banyak data. Untuk melakukan operasi pengurangan di Microsoft Excel cukup menggunakan operator minus (-).

Contoh:
Pada sel A2 dimasukkan angka 150 dan pada sel B2 masukkan angka 50, kemudian pada sel C2 masukkan rumus = A2-B2 kemudian tekan Enter hasilnya adalah 10.



Cara 3 : Operasi Perkalian
Untuk menggunakan rumus Perkalian di program Microsoft Excel ada 2 cara, pertama menggunakan operator asterisk (*) dan yang kedua menggunakan formula PRODUCT.

Contoh:
Pada cell A2 masukkan angka 100 dan pada cell B2 masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2*B2 kemudian tekan Enter hasilnya adalah 500. Sekarang coba ubah rumus pada C2 menjadi =PRODUCT (A2:B2) maka hasilnya akan sama 500.




Cara 4 : Operasi Pembagian
Untuk melakukan operasi pembagian data dalam microsoft Excel caranya adalah dengan menggunakan operator slash (/).

Contoh:
Pada cell A2 masukkan angka 500 dan pada cell B2 masukkan angka 5, kemudian pada cell C2 masukkan rumus = A2/B2 kemudian Enter hasilnya adalah 100.




Demikian cara memanfaatkan layanan excel dalam perhitungan matematika, semoga bermanfaat bagi pembaca.